Saturday 30 November 2013

Resep Praktis Membuat Kaldu Sayuran (Vegetable Stock)

Kumpulan Resep Mancanegara - Resep Praktis Membuat Kaldu Sayuran (Vegetable Stock)
Membuat kaldu sendiri di rumah merupakan salah satu cara untuk tidak menggunakan penyedap rasa yang banyak mengandung MSG (Monosodium Glutamat) dalam masakan kita sehari-hari. Ada 4 jenis kaldu utama yang bisa dibuat sendiri di rumah yakni kaldu sayuran, kaldu ayam, kaldu ikan dan kaldu sapi. Mari kita lihat satu per satu cara membuatnya. Pertama mari kita bahas cara membuat kaldu sayuran, selain menggunakan sayuran utuh, Anda juga bisa menggunakan sisa sayuran seperti kulit bawang dan kulit wortel. jangan  pikir hal ini jorok ya! Sebab kulit bawang bisa menambah aroma pada kaldu Anda.


Bahan:
28 gram jamur kering atau 140 gram jamur segar
4 sdm minyak goreng
600 gram bawang merah cincang, gunakan juga kulitnya
200 gram seledri cincang
450 gram wortel cincang
garam secukupnya
2 siung bawang putih besar tanpa kulit
2 sdm pasta tomat
1 sdm rosemary
2 sdt daun thyme kering
1 sdt merica hitam
4 leembar daun salam
12 gram peterseli cincang
1 liter air

Cara Membuat:
1.Jika menggunakan jamur kering, rendam jamur kering dengan 1 liter air mendidih lalu sisihkan. Jika menggunakan jamur segar, tumis terlebih dahulu setelah matang dan berair baru campurkan dengan sayuran lain
2.Panaskan minyak, masukkan bawang merah, seledri, dan wortel, masak dengan api besar jika sudah berarir dan melunak kecilkan api, tambahkan bawang putih, dan pasta tomat, masak kurang lebih 3 menit, sampai warna pasta tomatnya berubah.
3.Tambahkan air rendaman jamur, jamur, garam dan merica serta daun thyme kering, daun salam dan peterseli, masak hingga airnya menyusut. Masak kurang lebih selama satu setengah jam.
4.Angkat, buang daun salam serta sayuran lain yang berukuran besar, saring menggunakan saringan dan kertas saringan. Simpan di toples lalu masukkan ke dalam lemari es. Jika mau disimpan di freezer maka Anda tidak boleh mengisi toplesnya sampai penuh sebab toplesnya bisa pecah saat kaldunya membeku.

Demikian cara mudah Membuat Kaldu Sayuran (Vegetable Stock), ikuti terus beragam resep mancanegara hanya di westerncuisine.blogspot.com.






No comments:

Post a Comment