Wednesday 11 December 2013

Ajoblanco (Spanish Cold Soup)

Resep Masakan Khas Spanyol - Ajoblanco (Spanish Cold Soup)
Ajoblanco merupakan masakan khas dari wilayah Malaga dan Granada, sup dingin ini biasanya dihidangkan bersama buah-buahan seperti anggur dan melon. Ajoblanco awalnya dihidangkan bagi para pekerja lapangan yang menginginkan makanan yang menyegarkan sekaligus mengenyangkan di bulan-bulan saat musim panas berlangsung.Langsung saja kita simak resep berikut ini,


Bahan:
50 gram kacang almond cincang (jika Anda menggunakan almond mentah, rendam kacang almond dalam air mendidih selama 1 menit lalu cuci beberapa detik dengan air dingin, lalu kupas)
3 potong  baguette
3 siung bawang putih
1 sdt garam
1 liter air
5 sdm vinegar (opsional)
5 sdm minyak zaitun
20 buah anggur hijau tanpa biji
garam secukupnya

Cara Membuat:
1.Kupas bawang putih, rendam baguette dalam 1-2 gelas air dingin.
2.Sementara itu blender bawang putih bersama almond lalu tiriskan baguette dari air dan masukkan ke dalam blender bersama 1 sdt garam, sambil terus memblender, tambahlan minyak zaitun, vinegar, dan air. Cicipi, jika rasanya masih kurang pas tambahkan garam dan minyak zaitun sesuai selera Anda.
3.Tuang ke dalam kontainer lalu simpan dalam lemari es selama 3 jam bahkan semalaman. Hidangkan bersama buah anggur.

Ajoblanco yang juga dikenal dengan sebutan "White Gaspacho" dapat langsung diminum seperti layaknya minuman. Namun kebanyakan koki di Spanyol menghidangkannya bersama potongan roti atau kentang panggang. Resep ini sangat cocok untuk dicoba bagi Anda penggemar masakan khas Spanyol.

Anda juga dapat memasukkan ajoblanco ke dalam termos untuk dibawa sebagai bekal makanan di saat piknik.

Rasakan sensasi baru di lidah kita sebagai orang Indonesia dengan mencicipi Ajoblanco (Spanish Cold Soup), ikuti terus resep masakan internasional lainnya hanya di westerncuisine.blogspot.com.











   

No comments:

Post a Comment