Sunday 8 December 2013

French Baguettes

Hidangan Khas A La Perancis - French Baguettes
French Baguettes merupakan roti khas Perancis yang biasanya berbentuk panjang dan renyah. Roti ini pada umumnya memiliki diameter 5 - 6 cm dengan panjang bisa mencapai satu meter. Berikut resep lengkapnya,


Bahan:
1 1/2 sdt ragi
2 sdm mad
125 ml air hangat
560 gram tepung terigu
2 sdt garam
minyak zaitun ataupun mentega cair untuk mengolesi mangkuk
tepung maizena untuk menaburi loyang
3-4 bh es batu

Cara Membuat:
1.Campur madu, gandum dan air hangat. Aduk rata, biarkan selama 5 menit hingga raginya aktif dan mengembang.
2.Campur tepung terigu bersama garam dalam sebuah mangkuk besar dan tambahkan campuran ragi sedikit demi sedikit, aduk adonan hingga membentuk bola dengan sedikit demi sedikit menambahkan air, jika adonan terlalu lengket maka Anda boleh menambahkan tepung terigu. Keluarkan adonan taruh di atas permukaan yang telah ditaburi tepung, adku terus adonan  sampai adonan lembut dan kalis kurang lebih selama 6 menit.
3.Coba tekan adonan dengan menggunakan ibu jari, jika memantul maka adonan Anda telah memenuhi syarat.
4.Bentuk adonan menjadi sebuah bola, lalu taruh di dalam mangkuk yang telah dilumuri minyak zaitun, tutupi dengan lap lalu biarkan dalam suhu kamar selama 30 menit.
5.Tinju adonan, kemudian bagi menjadi 2. Bentuk menjadi 2 buah baguette dengan membuat persegi panjang dari masing-masing adonan, kemudian lipat nagian atas dan bawah ke tengah menyerupai lipatan amplop, dan rapatkan dengan jemari Anda, lakukan berulang hingga panjangnya mencampai 30 cm dan lebar 5 cm. Setelah itu taruh pada loyang yang telah ditaburi tepung maizena, kerat-kerat roti secara melintang, lalu tutupi kembali dengan kain lap selama 25 menit sampai mengembang 2 kali lipat.
6.Panaskan oven hingga 230 derajat Celcius, tempatkan tiap loyan di rak pertama dan kedua, lalu letakkan lagi pinggan  tahan panas di bagian paling bawah.
7.Setelah roti Anda mengembang untuk yang kedua kalinya, angkat lapnya segera lalu masukkan loyang ke dalam oven, isi mangkuk paling bawah dengan 4 buah es batu, lalu segera tutup ovennya. hal ini bertujuan agar roti memiliki tekstur yang renyah.
8.Panggang hingga coklat keemasan selama kurang lebih 15 menit.

Demikian cara membuat French Baguettes, walaupun nampak agak rumit tetapi layak untuk dicoba di dapur Anda. Nantikan resep hidangan Perancis lainnya hanya di westerncuisine.blogspot.com.












No comments:

Post a Comment